Senin, 22 Oktober 2012

Opini Mengenai Sumpah Pemuda Dan Nasionalisme


Opini kami mengenai sumpah pemuda ialah...
 
Spoiler :
Post spoiler

Sumpah pemuda dahulu dijadikan sebuah perjanjian antara pemuda pemuda di nusantara untuk bersatu pelawan para koloni belanda, adapun isi dari sumpah pemuda yang saya ingat ialah :
  1. Kami pemuda pemudi Indonesia berbangsa satu bangsa Indonesia
  2. Kami pemuda pemudi Indonesi   berbahasa satu bahasa Indonesia
  3. Kami Pemuda Pemudi Indonesia Berbudaya satu budaya Indonesia
Isi Sumpah pemuda yang tercantum di atas disepakati pada tanggal 28 oktober 1928, namun 84 tahun berlalu apakah isi sumpah pemuda masih melekat di jiwa kebanyakan pemuda pemudi Indonesia ? Saya jawab TIDAK !

Alasan saya menjawab tidak ialah :
1.      Sekarang pemuda pemuda Indonesia banyak melakukan Aksi-Aksi Anarkis yang keluar dari pedoman isi Sumpah Pemuda 84 Tahun lalu, aksi-aksi anarkis ini terjadi hampir dilapisan pemuda, diantaranya :  Tawuran antarpelajar SMP, Tawuran Antar pelajar  SMA, Tawuran antar Kalangan Mahasiswa.
2.      Pemuda Indonesia sekarang kebanyakan sudah luntur rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri.
3.      Pemuda Indonesia sekarang tidak bisa dikatakan berbudaya Indonesia tapi berbudaya layaknya imperialisme bangsa-bangsa barat
Nasionalisme
Nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia saya kira sudah, seperti yang saya katakan diatas bahwa rasa nasionalisme banyak tidak dihargai oleh pemuda bangsa, mulai dari tawuran balapan liar dan ikut terlibat dalam kasus narkoba membuat rasa nasionalisme dikalangan pemuda sudah mulai luntur semenjak berkembangnya Zaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar